Rabu, 10 Januari 2018

Portfolio (Part 1)

Hasil Karya Ecy Selama Kuliah

Part 1 (Tentang Radio)

Saya Desy Helmawati atau sering dipanggil Ecy kuliah di Universitas Sahid Jakarta, Fukltas Ilmu Komunikasi jurusan D3 Humas Peminatan Broadcasting.
Pada saat kuliah, ecy mendapatkan banyak ilmu, selain dari materi ecy juga mendapatkan ilmu dari praktek. 

Berikut salah satu hasil praktek ecy pada saat kuliah tentang "Praktek Siaran" radio.
Selain praktek siaran ala-ala penyiar radio, ecy juga praktek cara membuat iklan radio berformat PSA atau yang dikenal dengan iklan layanan masyarakat tentang "Anti Bullying"

Sebelum hasil jadi berupa audio seperti itu, ecy terelbih dahulu menyiapkan scriptnya untuk dibacakan pada saat rekaman, lalu setelah rekaman selesai ecy melanjutkan pengeditan dengan menggunakan Adobe Audition Cs6.

Berikut script pada saat praktek siaran mata kuliah musik radio dan tv

Waktu Acara   : 20.00-22.00
Judul Acara   : The Rumpi

Opening

Station ID Froshfm (Id Miny)
Backsound A Liltle Cronology
E : Dari lantai 6/ Gedung Universitas Sahid Jakarta//
D : 107,2 Froshfm/ Your Listening Partner//
E : Hai/ hai// Selamat malam Froshers// Apa kabarnya nih?/ Pastinya Baik-baik aja kan// Ketemu lagi sama kita berdua// Ada gue Desy Ecy//
D : Dan gue Devina Giska// Tentunya di acara yang udah ditunggu-tunggu sama froshers / yaitu di/
D&E : The Rumpi/ Rumpi-rumpi Cantik//
E : Selama dua jam kedepan/ kita berdua bakal nemenin lo nih froshers/ dari jam 8 sampe jam 10 malam nanti//
D : Nah/ Kita berdua bakalan nemenin froshers yang sabtu malamnya gabut gitu// Mungkin karena gagal jalan sama pacar//
E : Atau karena masih sendiri alias jomblo// atau bisa jadi baru aja putus// Tenang froshers kita siap menemani lo dengan muterin lagu-lagu terhits//
D : Dan juga  topik yang menarik pastinya//
Lagu tulus Sewindu
Lempar
Topic

 

Backsound Prevaling Winds

E : 107,2 froshfm/ your listening partner// Nah froshers/ itu tadi lagu dari tulus/ yang judulnya sewindu//

D : hmmm/ ngomong-ngomong lagu tulus yang sewindu nih cy// gue punya kenangan banget sama lagu ini// lagu ini tuh ngingetin gue pas lg di deketin sama cowo yang emang guenya udah agak-agak naksir gitu/ nah tapi pas ada cewe lain ya yang mungkin lebih dari gue/ dia langsung berpaling gitu//

E : wah/ wah devin/ pasti kalo denger lagu ini langsung inget  sama cowo itu ya/ kalo boleh tau namanya siapa tuh // kalo gue sih ya/ lagu yang paling ngena dan terkenang banget itu lagunya Ran yang judulnya kulakukan semua untukmu// soalnya/ gue pernah di nyanyiin lagu itu sama mantan gue//

D : yah cy/ jangan baper// nanti froshers ikutan baper lagi// nah/ kalo gue sama ecy udah ngebocorin lagu yang jadi kenangan kita berdua/ kalo froshers gimana sih?// ada gak lagu yang mengingatkan lo tentang seseorang atau yang punya cerita tersendiri sama lagu itu?//

E : kalo ada nih ya froshers/ lo bisa langsung mention ke twitternya froshfm di @froshfm dengan hastag rumpicantik dan hastag ingetyangdulu// atau bisa juga di whatsappnya froshfm di 087871234567/ jangan lupa sebutin nama ya froshers//

Lagu Justin bieber – Love yourself

Bahas
Topik

 

Backsound As We Are Now

D : 107,2 froshfm/ your listening partner// nah/ lagu love yourself dari Justin bieber ini juga nyeritain tentang mantan tau kan mantannya Justin bieber siapa? Selena gomez//

E: emang ya ga Cuma orang biasa aja yang galauin cewe/ tapi orang seganteng dan sekeren Justin bieber juga masih ada waktu buat galauin cewe//

D: disini tuh gue harus ngomong allah maha adil gak sih? (hahahaha) / nah/ tadi gue sama ecy udah nanya sama lo froshers/ lagu apa yang punya kenangan tersendiri//nah sekarang gue mau nge bacain komentar yang udah banyak masuk ke twitter ataupun whatsapp dari lo nih froshers//

E : oke/ gue bakal bacain komentar yang udah masuk di twitter duluan ya dev// ini ada dari @cantika_/ katanya kalo gue  lagu yang bikin hati gue naik turun tuh lagunya monita yang judulnya sebatas mimpi// trs ada lagi dari si @Ryan/ kata dia lagu yang punya kenangan banget itu lagunya marcel peri cintaku/ soalnya gue pernah ngalamin yang namanya cinta beda agama// oke/ satu lagi mention yang bakal gue bacain/ dari @dewilestari/ dia sih bilang/  aku suka keinget si dia nih kak setiap lagi dengerin lagu istimewa dari petra sihombing/ soalnya dia dulu pas lagi sama aku sering banget nyanyiin lagu ini//

D : sekarang via whatsaap nih ya froshers/ ada dari si Dina/ kata Dina lagu RAN yang dekat dihati/  ngingetin aku sama seseorang yang jauh disana tapi tetap melekat dihati// lanjut dari si Radit/ doi bilang  gue selalu inget sama orang yang gue suka tapi ga pernah bisa gue milikin karena cewenya udah punya pacar dan lagunya dari maliq d’ essentials untitled // ehm/ sebenernya masih banyak sih froshers/ tapi gue bacain segitu dulu ya//

E : nanti kita berdua bakal bacain lagi komentar dari twitter dan whatsapp yang udah masuk// jadi buat yang belum ikutan/ langsung aja mention ke twitternya froshfm di @froshfm dengan hastag rumpicantik sama hastag nostalgia dan bisa juga via whatsapp di 087871234567/ jangan lupa pake nama lo ya froshers//

Closing

Lagu MYMP – Especially For You
Baksound Die For You
E : 107,2 frosh fm/ your listening partner//
D : Balik lagi sama gue dan ecy// sebelum closing/ gue dan ecy mau lanjut bacain satu lagi  komentar via whatsaapp // Dari Putra katanya/ setiap gue sama pacar gue ketemuan/ kita selalu nyanyi lagu dari stinky yang judulnya mungkinkah dan berandai-andai bisa ga sih kita selalu bersama walaupun jarak terbentang luas//
E : nah ga berasa nih udah 2 jam kita nemenin lo froshers/ dan sebelum undur diri ada quotes apa dev buat malam ini//
D : okey/ quotes malam ini// jika sebuah lagu memiliki kenangan tertentu/ maka hapuslah lagu nya/ jangan hapus orang yang menjadi kenangannya// eaaaaa eaaa// karena apa/ kalo hapus lagu tinggal delete hahaha//
E : asyeeedaaapp//jangan lupa dengerin terus the rumpi/ rumpi-rumpi cantik setiap sabtu jam 8 sampai 10 malam/ gue desy ecy//
D : dan gue devina giska pamit undur diri// bye-bye//
Lagu Raisa – Kali Kedua



Dan Berikut script untuk rekaman iklan layanan masyarakat atau PSA

PSA

SFX


FVO


MVO


FVO2



MVO



FVO


SMASH


MVO

FVO



Suasana di kantin kampus

Eh/ tadi gue liat lo ngobrol bareng si cupu  itu ya?//

Anak cupu?/ siapa?//

Itu yang pake kacamata tebel banget/ ih geli deh gue liatnya// dia juga kan gapunya temen/ lo mau aja temenan sama dia//

Duh/ duh// dia punya nama kali say// selain baik/ dia juga asik ko orangnya// lagi pula temenan sama siapa aja kan gamasalah//

Ih gue sih ogah temenan sama anak cupu alay kaya dia//



Haduh/ hari gini masih suka liat orang dari penampilannya?// gak jaman banget deh Froshers// ngakunya sih anak Indonesia/ tapi kok gak bisa nerima perbedaan gitu// Jangan suka beda-bedain orang deh froshers/ Anak Muda Indonesia yang keren itu/ yang anti Bullying//

Iklan layanan masyarakat ini di persembahkan oleh/ Universitas Sahid Jakarta//

Id’s Frosh Fm


Selain ecy membuat script siaran dan scipt iklan PSA, ecy juga membuat script iklan radio yang berformat adlibs dan spot juga, berikut script yang ecy buat.

Nama :
Desy Helmawati
NIM :
2014220001
Kelas :
Musik Radio dan Tv (4 PGA)
Jenis Tugas :
Adlibs
Judul :
Mifi D (Internet 4g super cepat)
Durasi :
60  sec



Masbro mbabro/ lo hobi streaming youtube/ chatting/ browsing/ download/ sama buka-buka social media?// yakin gak tuh koneksinya cepet?// kalau gak yakin/ gue punya solusinya nih// Ada produk terbaru/ namanya Mifi D// Mifi D ini/ udah di dukung jaringan 4G LTE/ dengan kecepatan akses data sampe 72 Mbps// Masih gak percaya sama omongan gue?/ lo langsung aja dateng ke Mall Kota Kasablanka// Mifi D ini bakal launching produknya dari tanggal 01 Mei 2016 – 14 Mei 2016 dari jam 10.00 – 20.00 WIB// Lo buktiin sendiri deh tuh kecepatan si Mifi D ini// Banyak juga promo menarik loh disana/ salah satunya/ harga Mifi D ini bisa lo dapetin seharga Rp.100.000/ dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pastinya// Mifi D/ Koneksi cepat harga tepat gak bikin penat//






Nama :
Desy Helmawati
NIM :
2014220001
Kelas :
Musik Radio dan Tv (4 PGA)
Jenis Tugas :
SPOT
Judul :
Love Wafer Ice Cream
Durasi :
60  sec


SFX

FVO

MVO

FVO


MVO


SFX

FVO


MVO

SMASH

Ann
(FVO)






SFX

Suasana di ruang tamu *bunyi suara tv*

Yaampun!/ sumpah/ pacar gue ngeselin abis/ bete deh gue sama dia//

Kenapa lagi sih kak sama pacar lo?/ tiap hari ada aja yang lo keluhin//

Ya gimana ya/ abisnya dia tuh gitu// gapernah ngertiin gue/ masa harus gue terus yang ngertiin dia// huft//

Daripada lo ngegerutu gajelas/ mending lo makan ini deh// *sfx buka bungkus makanan snack*// Nih coba//

Suara gigitan wafer

Omaigat/ oh my wow/ oh my no// sumpah ini enak banget!// dek/ gue mau lagi dong wafer ice creamnya//

Mau/mau// Beli!//



Nah kan/ ketagihan sama love wafer ice cream// kalo udah makan love wafer ice cream ini/ lo bakal lupa sama kegalauan lo yang numpuk gajelas itu deh// soalnya/ rasa dari love wafer ice cream ini/ bikin jatuh cinta banget pada gigitan pertama// love wafer ice cream ini ada lima varian rasa loh/ ada rasa taro/ green tea/ chocolate/ strawberry/ dan vanilla// love wafer ice cream/ udah tersedia di mini market dan supermarket se-Jabodetabek// ayo! Buruan cobain// love wafer Ice cream/ yummy delicious//


Id’s Denra fm

Nama :
Desy Helmawati
NIM :
2014220001
Kelas :
Musik Radio dan Tv (4 PGA)
Jenis Tugas :
PSA
Judul :
Anti-Bullying
Durasi :
60  sec


SFX

FVO1

FVO2

FVO1


FVO2


FVO1

SMASH

Ann
(MVO)



(FVO)

SFX

Suasana di kantin kampus

Eh/ tadi gue liat lo ngobrol bareng anak cupu itu ya?//

Anak cupu?/ siapa?//

Itu yang pake kacamata tebel banget/ ih geli deh gue liatnya// dia juga kan gapunya temen/ lo mau aja temenan sama dia//

Duh/ duh// dia punya nama kali say// dia baik/ asik pula// lagi pula temenan sama siapa aja kan gamasalah//

Ih gue sih ogah temenan sama anak cupu alay kaya dia//



Haduh/ hari gini masih suka liat orang dari penampilannya?// gak jaman banget deh sobat sahid// ngakunya sih anak Indonesia/ tapi kok gak bisa nerima perbedaan gitu// ayo! Kita hilangkan apa yang menjadi perbedaan// jadikanlah cinta/ sebagai jembatan pemersatu untuk kita semua// anak muda Indonesia!/ Anti Bully//

Iklan layanan masyarakat ini di persembahkan oleh/ Universitas Sahid Jakarta//

Id’s Sahid Fm

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar